Kamis, 05 Mei 2016

Alat Peraga Matematika

RODA BANGUN DATAR
NAMA ANGGOTA  :   1. DJOKO ABIMANYU
                         2. RIDHO RATU BERLIAN
                         3. ROGAYAH 
MATA KULIAH  : MEDIA PBM DAN TIK
                                    DOSEN PEMBIMBING: 1. PROF. DR. ZULKARDI, MI.KOMP., MSC.
                                                                              2. WENI S.PD, M.SC


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA



RODA BANGUN DATAR


Saat kita mempelajari sebuah materi matematika maka sangat dibutuhkan konsep dasar sehingga kita mampu memahami materi tersebut. Maka dari itu dalam hal mempelajari bangun datar kita memerlukan sebuah konsep dasar dari bangun datar tersebut yaitu sifat-sifat bangun datar. Untuk mempermudahnya kami membuat alat peraga yang sering kita jumpai dalam bentuk sebuah permainan roda putar.
Pada matakuliah media pembelajaran matematika dan TIK kali ini, kami membuat alat peraga yang kami namakan roda bangun datar yaitu sebuah roda yang berisi dengan sifat-sifat dari bangun datar tersebut guna membantu siswa dalam memahami dan juga membantu pengajar dalam proses belajar mengajar.
  • Pokok Bahasan : Mengenal Sifat bangun datar
  • Nama alat peraga : RBD ( Roda Bangun Datar)
  • Fungsi: 
                        1. Efisiensi Waktu  
                        2. Menerapkan sistem belajar sambil bermain

3. Membantu siswa mengingat sifat-sifat dari bangun datar
4. Membantu suasana kelas untuk berdiskusi
  • Alat dan Bahan
a) Alat
1. Gunting       
2. Penggaris    
3. Jangka                    
4. Pena
b) Bahan
1.Karton Padi
2. Origami
3. Kertas Manggis
4. Stik
5. Lem
6. Tali 
7. Pipet
 

  • Proses pembuatan alat peraga
1. Bentuk dan guntinglah karton padi sehingga membentuk 2 lingkaran yang jari-jarinya berukuran 
            a) 20 cm
            b) 12,5 cm
2.  Lukislah 4 garis yang dapat membagi lingkaran menjadi 8 bagian dan lapisi dengan kertas manggis agar terlihat bagian-bagiannya. (Lakukan pada Lingakaran besar dan kecil).
3. Pada lingkaran kecil berilah stik yang akan menjadi sebuah panah dan diarah yang berlawanan gunting hingga membentuk kotak yang bolong. Sebelumnya tumpuk lingkaran yang kecil dan besar untuk melihat titik tengah.
4. Pada lingkaran besar, tulislah sifat-sifat dari setiap bangun datar dimasing-masing pinggir bagian. Sedangkan ditengah nya akan diisi dengan nama bangun datar yang akan disesuaikan setelah lingkaran kecil akan dipasang.
5. Sambungkan lingkaran besar dan kecil dengan menggunakan pipet sehingga akan berbentuk seperti roda yang bisa diputar.
6.  Sesuaikan untuk membuat nama bangun datar dengan memperhatikan panah dan letak bagian yang sudah dibolongi. Sehingga ketika penutup bolongan dibuka maka  panah yang menunjukkan bagian sifat dan bagian yang dibolongi menunjukkan nama bangun datar akan sinkron.
7.  Beri tali dan papan nama alat peraga sehingga alat bisa digunakan serta sediakan kotak yang berisi stik eskrim yang nantinya akan digunakan dalam membentuk bangun datar.
8. Roda bangun datar sudah dapat digunakan.
  •   Prosedur Penggunaan
1. Putar Roda dengan cepat lalu tunggu hingga berhenti.
2.Setelah berhenti panah akan menunjukkan pada salah satu bagian yang terdapat sifat-sifat bangun datar.
3. Lalu siswa harus menebak bangun datar apakah yang memiliki sifat-sifat tersebut.
4. Siswa harus membentuk sebuah bangun datar dengan stik eskrim sesuai dengan sifat-sifat yang ditunjukkan.
5 Setelah itu siswa harus meletakkan rumus luas bangun datar tersebut ke dalam kolom yang telah diisi sifat-sifat bangun datar.
6. Setelah semua selesai, maka penutup pada jawaban akan dibuka
7. Jika benar siswa akan dipersilahkan duduk, Jika salah maka siswa tersebut harus meminta bantuan kepada temannya.
8. Putaran ini akan dilakukan sampai 7 kali, karena terdapat 7 bangun datar pada roda tersebut.
 
HASIL DISKUSI
Pada tanggal 22 januari kami belum bisa berkesempatan untuk mempreseentasikan hasil alat peraga kami. Karena beberapa anggota kami harus mengikuti seminar. Namun minggu depannya kami diberikan waktu oleh kedua dosen untuk mempresentasikan hasil alat peraga kami. Dari hasil presentasi alat peraga kami pada tanggal 29 Januari 2016 ada 2 pertanyaan yang diajukan oleh
1. Altisya: Dari pengamatan kami sepertinya tanda panah pada roda akan selalu mengarah ke bawah, mohon penjelasannya?
2. Pak Zulkardi: alat peraga ini akan ditujuhkan untuk kelas berapa?
Pada dasarnya roda ini bisa berputar dengan baik, hanya saja pada saat presentasi pemutar dari roda agak sedikit longgar sehingga putaran selalu mengarah ke bawah sehingga pemutar pada roda harus direkatkan kembali. Maka dari itu Bu Weni menyarankan kami agar membeli alat untuk pemutar roda tersebut. Lalu alat peraga ini kami tujuhkan kepada siswa-siswi kelas VII SMP karena alat ini tergolong dalam sebuah permainan sehingga tampak lebih cocok dalam pengajaran siswa kelas VII SMP
Selain saran dari bu Weni, ada beberapa orang juga yang memberikan pendapat dan juga saran untuk alat peraga kami:
1. Hanifa Zulfitri: “ Alat peraga kalian sudah bagus dan kreativ dalam mengkombinasikan warna, hanya saja pada bagian nama bangun datar kalua bisa digunakan plastic bening sebagai penutupnya sehingga tidak perlu susah-susah untuk membuka tutup”
2.Khafifa: “ Alat peraganya cukup menarik dalam menguji pemahaman siswa tentang bangun datar sehingga suasana belajar tidak menjadi membosankan dan lebih efektif dalam pemahamannya
3. Bella Timorti: “Alat peraga yang kalian buat bisa mengembangkan imajinasi siswa, hanya saja sebelum digunakan alat peraga kalian perlu dicek kembali sehingga tidak ada lagi kesalahan teknis”.
4. Aisyah Turidho: “ Warna yang digunakan menarik sehingga siswa akan tertarik dalam mempelajari materi tersebut karena alat peraga ini masih terbilang sebuah permainan”.
Terlepas dari pertanyaan, pendapat dan juga saran tadi kami menyadari bahwa dari alat peraga kami ini masih memiliki kekurangan yaitu tulisan yang kurang besar sehingga siswa yang duduk dibelakang kurang jelas melihatnya. Salah satu solusinya adalah membuat alat peraga yang lebih besar atau membuatnya dalam suatu media yang bisa dapat ditampilkan dalam proyektor.
 Itulah penjelasan dari alat peraga kami Semoga alat peraga ini bisa menjadi sebuah inovasi guru dalam mengajar siswa agar sistem dalam belajar dan mengajar tidak menjadi monoton. Untuk lebih jelasnya tentang alat peraga yang kami buat , kalian bisa lihat langsung di video kami  pada link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=NAPjZggO2wo. Terimakasih 
LAMPIRAN
  •      Dokumentasi Memperkenalkan alat peraga tanggal 27 Januari 2016
  •        Dokumentasi saat presentasi tanggal 29 januari 2016

Share:

1 komentar:

  1. Isi blognya sudah bagus jok, tapi akan lebih bagus kalau blognya lebih di variasikan sedikit agar tidak terlalu polos

    BalasHapus

Copyright © "Dunia Matematika" | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com