RODA
BANGUN DATAR
NAMA
ANGGOTA : 1. DJOKO ABIMANYU
2. RIDHO RATU BERLIAN
3. ROGAYAH
MATA
KULIAH : MEDIA PBM DAN TIK
DOSEN PEMBIMBING:
1. PROF. DR. ZULKARDI, MI.KOMP., MSC.
2. WENI S.PD, M.SC
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
RODA BANGUN DATAR
Saat kita
mempelajari sebuah materi matematika maka sangat dibutuhkan konsep dasar
sehingga kita mampu memahami materi tersebut. Maka dari itu dalam hal
mempelajari bangun datar kita memerlukan sebuah konsep dasar dari bangun datar
tersebut yaitu sifat-sifat bangun datar. Untuk mempermudahnya kami membuat alat
peraga yang sering kita jumpai dalam bentuk sebuah permainan roda putar.
Pada
matakuliah media pembelajaran matematika dan TIK kali ini, kami membuat alat
peraga yang kami namakan roda bangun datar yaitu sebuah roda yang berisi dengan
sifat-sifat dari bangun datar tersebut guna membantu siswa dalam memahami dan
juga membantu pengajar dalam proses belajar mengajar.
- Pokok Bahasan : Mengenal Sifat bangun datar
- Nama alat peraga : RBD ( Roda Bangun Datar)
- Fungsi:
2. Menerapkan sistem belajar sambil bermain
3. Membantu siswa mengingat sifat-sifat dari bangun
datar
4. Membantu suasana kelas untuk berdiskusi
- Alat dan Bahan
a) Alat
1. Gunting
2. Penggaris
3. Jangka
4. Pena
b) Bahan
1.Karton Padi
2. Origami
3. Kertas Manggis
4. Stik
5. Lem
6. Tali
7. Pipet
- Proses pembuatan alat peraga
1. Bentuk dan
guntinglah karton padi sehingga membentuk 2 lingkaran yang jari-jarinya
berukuran
a) 20 cm
b) 12,5 cm
2. Lukislah 4 garis yang dapat membagi lingkaran
menjadi 8 bagian dan lapisi dengan kertas manggis agar terlihat
bagian-bagiannya. (Lakukan pada Lingakaran besar dan kecil).
3. Pada lingkaran kecil berilah stik yang akan
menjadi sebuah panah dan diarah yang berlawanan gunting hingga membentuk kotak
yang bolong. Sebelumnya tumpuk lingkaran yang kecil dan besar untuk melihat
titik tengah.
4. Pada lingkaran
besar, tulislah sifat-sifat dari setiap bangun datar dimasing-masing pinggir
bagian. Sedangkan ditengah nya akan diisi dengan nama bangun datar yang akan
disesuaikan setelah lingkaran kecil akan dipasang.
5. Sambungkan
lingkaran besar dan kecil dengan menggunakan pipet sehingga akan berbentuk
seperti roda yang bisa diputar.
6. Sesuaikan untuk membuat nama bangun datar
dengan memperhatikan panah dan letak bagian yang sudah dibolongi. Sehingga
ketika penutup bolongan dibuka maka
panah yang menunjukkan bagian sifat dan bagian yang dibolongi
menunjukkan nama bangun datar akan sinkron.
7. Beri tali dan papan nama alat peraga sehingga
alat bisa digunakan serta sediakan kotak yang berisi stik eskrim yang nantinya
akan digunakan dalam membentuk bangun datar.
8. Roda bangun datar
sudah dapat digunakan.
- Prosedur Penggunaan
1.
Putar Roda dengan cepat lalu tunggu hingga berhenti.
2.Setelah
berhenti panah akan menunjukkan pada salah satu bagian yang terdapat
sifat-sifat bangun datar.
3.
Lalu siswa harus menebak bangun datar apakah yang memiliki sifat-sifat
tersebut.
4.
Siswa harus membentuk sebuah bangun datar dengan stik eskrim sesuai dengan
sifat-sifat yang ditunjukkan.
5
Setelah itu siswa harus meletakkan rumus luas bangun datar tersebut ke dalam
kolom yang telah diisi sifat-sifat bangun datar.
6.
Setelah semua selesai, maka penutup pada jawaban akan dibuka
7.
Jika benar siswa akan dipersilahkan duduk, Jika salah maka siswa tersebut harus
meminta bantuan kepada temannya.
8.
Putaran ini akan dilakukan sampai 7 kali, karena terdapat 7 bangun datar pada
roda tersebut.
HASIL
DISKUSI
Pada
tanggal 22 januari kami belum bisa berkesempatan untuk mempreseentasikan hasil
alat peraga kami. Karena beberapa anggota kami harus mengikuti seminar. Namun
minggu depannya kami diberikan waktu oleh kedua dosen untuk mempresentasikan
hasil alat peraga kami. Dari hasil presentasi alat peraga kami pada tanggal 29
Januari 2016 ada 2 pertanyaan yang diajukan oleh
1.
Altisya: Dari pengamatan kami sepertinya tanda panah pada roda akan selalu mengarah
ke bawah, mohon penjelasannya?
2.
Pak Zulkardi: alat peraga ini akan ditujuhkan untuk kelas berapa?
Pada
dasarnya roda ini bisa berputar dengan baik, hanya saja pada saat presentasi
pemutar dari roda agak sedikit longgar sehingga putaran selalu mengarah ke
bawah sehingga pemutar pada roda harus direkatkan kembali. Maka dari itu Bu
Weni menyarankan kami agar membeli alat untuk pemutar roda tersebut. Lalu alat
peraga ini kami tujuhkan kepada siswa-siswi kelas VII SMP karena alat ini
tergolong dalam sebuah permainan sehingga tampak lebih cocok dalam pengajaran
siswa kelas VII SMP
Selain
saran dari bu Weni, ada beberapa orang juga yang memberikan pendapat dan juga
saran untuk alat peraga kami:
1.
Hanifa Zulfitri: “ Alat peraga kalian sudah bagus dan kreativ dalam
mengkombinasikan warna, hanya saja pada bagian nama bangun datar kalua bisa
digunakan plastic bening sebagai penutupnya sehingga tidak perlu susah-susah
untuk membuka tutup”
2.Khafifa:
“ Alat peraganya cukup menarik dalam menguji pemahaman siswa tentang bangun
datar sehingga suasana belajar tidak menjadi membosankan dan lebih efektif
dalam pemahamannya
3.
Bella Timorti: “Alat peraga yang kalian buat bisa mengembangkan imajinasi
siswa, hanya saja sebelum digunakan alat peraga kalian perlu dicek kembali
sehingga tidak ada lagi kesalahan teknis”.
4.
Aisyah Turidho: “ Warna yang digunakan menarik sehingga siswa akan tertarik
dalam mempelajari materi tersebut karena alat peraga ini masih terbilang sebuah
permainan”.
Terlepas
dari pertanyaan, pendapat dan juga saran tadi kami menyadari bahwa dari alat
peraga kami ini masih memiliki kekurangan yaitu tulisan yang kurang besar
sehingga siswa yang duduk dibelakang kurang jelas melihatnya. Salah satu
solusinya adalah membuat alat peraga yang lebih besar atau membuatnya dalam
suatu media yang bisa dapat ditampilkan dalam proyektor.
Itulah penjelasan dari alat peraga kami Semoga alat peraga ini
bisa menjadi sebuah inovasi guru dalam mengajar siswa agar sistem dalam belajar
dan mengajar tidak menjadi monoton. Untuk lebih jelasnya tentang alat peraga yang kami buat , kalian bisa lihat langsung di video kami pada link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=NAPjZggO2wo. Terimakasih
LAMPIRAN
- Dokumentasi Memperkenalkan alat peraga tanggal 27 Januari 2016
- Dokumentasi saat presentasi tanggal 29 januari 2016
Isi blognya sudah bagus jok, tapi akan lebih bagus kalau blognya lebih di variasikan sedikit agar tidak terlalu polos
BalasHapus