Rabu, 03 Mei 2017

Jurnal Pendekatan CTL pada materi teorema pythagoras

Jurnal pendekatan CTL pada materi Teorema Pythagoras
Oleh: 1. Djoko Abimanyu (06081381520051)
          2. M. Ridho Ratu Berlian(06081381520039)

Abstrak
Kata Matematika tentu sudah tidak asing lagi didengar, Matematika merupakan salah satu pelajaranyang sangat tidak disenangi oleh siswa di setiap sekolah. Hal ini karena adanya pemikiran bahwa pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat sulit karena bersifat abstrak. Dalam pembelajaran Matematika diperlukan ketepatan dalam proses belajarnya. Kebanyakan siswa dalam dalam belajar Matematika hanya menggunakan teknik menghapal, tanpa memahami konsep dari suatu materi. Inilah yang menyebabkan seringnya terjadi ketidakpahaman siswa dalam mempelajari suatu materi Matematika.
Berdasarkan hasil analisis Arif Priyanto, Suharto dan Dinawati Trapsilasiwi dalam artikelnya yang berjudul Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 jember, persentase rata-rata yang menunjukkan kesalahan memahami soal sebesar 46% dan hal tersebut tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan siswa kurang mengerti konsep Teorema Pythagoras sehingga sering terjadi kesalahpahaman siswa tentang apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Siswa sering kali hanya menghapal rumus Teorema Pythagoras, tanpa memahami konsep dari Teorema Pythagoras, sehingga siswa kurang bisa memaknai materi tersebut. Teknik belajar dengan cara menghapal saja tidak akan membuat ingatan siswa bertahan lama, sebaliknya bila siswa bisa memahami konsep materi dengan baik maka ingatannya terhadap suatu materi dapat bertahan dengan lama.
Bagi para guru, hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Selain harus bisa mengajarkan materi pelajaran, para guru mendapat tugas untuk mengubah pemikiran siswa tentang pembelajaran Matematika. Tanpa adanya perubahan pemikiran ke arah yang positif, maka akan sulit bagi seorang guru untuk bisa mencapai target pembelajaran yang sudah dicanangkan. Oleh karena itu dalam penyampaian materi hal yang terpenting adalah guru harus menekankan konsep terlebih dahulu. Jika seorang siswa tidak paham dengan konsep suatu materi, maka seterusnya siswa itu akan gagal untuk materi selanjutnya.
Untuk membantu siswa dalam memahami konsep Teorema Phytagoras, maka guru perlu mengaitkan Teorema Pythagoras kedalam kehidupan nyata. Hal ini sangat cocok dengan pendekatan kontekstual, karena pendekatan kontekstual sangat menekankan implemantasi suatu materi ke dalam kehidupan nyata. Misalnya siswa ditugaskan untuk menghitung kemiringan tangga yang tersandar disebuah lantai sekolah. Hal ini tentunya akan sangat membantu siswa dalam memahami konsep Teorema Pythagoras. Didalam artikel ini penulis menggunakan tiga teori belajar, yaitu Teori Jean Piaget, dan Teori Brunner.Teori Piagetmenyatakan bahwa perkembangan kognitif bukan hanya hasil kematangan organisme, bukan pula pengaruh lingkungan semata, melainkan hasil interaksi diantara keduanya. Menurut Piaget anak kelas VIII SMP itu masuk ke dalam tahap operasi formal (umur 11/12 ke atas), pada tahap ini ciri pokok perkembangannya adalah hipotesis, abstrak, dan logis. Dasar pemikiran teori Bruner memandang bahwa manusia sebagai pemroses, pemikir dan pencipta informasi. Bruner menyatakan belajar merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru di luar informasi yang diberikan kepada dirinya. Didalam teori Bruner dalam tiga model tahapan yaitu model tahap enaktif, model ikonik dan model tahap simbolik.Jadi disini penulis akan mencoba mengaitkan Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Konteksual, Teorema Pythagoras dengan Teori Belajar, dan Pendekatan Kontekstual dengan Teori Belajar.

Untuk melihat full text, dapat dilihat di:https://www.slideshare.net/djokoabimanyu/jurnal-pendekatan-ctl-pada-materi-teorema-pythagoras

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © "Dunia Matematika" | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com