RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX/ 1
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kurikulum : 2013
Materi Pokok : Barisan Aritmatika
Alokasi Waktu :1 pertemuan x 1 jam pelajaran (1
jam pelajaran = 10 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada Matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan Matemtika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi
untuk membuat prediksi.
4.4 Mengenal
pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan
untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik,
diharapkan :
1. Menemukan
konsep barisan aritmatika.
2. Menentukan
rumus suku ke- n barisan aritmatika.
3. Menghitung
jumlah suku ke-n barisan aritmatika
D.
Indikator
1. Siswa
dapat menemukan konsep barisan aritmatika.
2. Siswa
dapat menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika.
3. Siswa
mampu menghitung jumlah suku ke-n barisan aritmatika.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Barisan Aritmatika
F.
Metode
Pembelajaran
1. Metode
Ceramah
G.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: LCD (proyektor),
laptop
2. Alat : Papan tulis dan spidol
3.
Sumber Belajar : Buku Matematika SMP Kelas IX Kurikulum 2013
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam dan menyapa
siswa.
2.
Guru menyampaikan materi
prasyarat.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
2
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Guru
menyampaikan pengertian barisan aritmatika.
2. Guru
menjelaskan pola bilangan berupa
barisan aritmatika, untuk mengajarkan konsep barisan aritmatika.
3. Dari
contoh tersebut, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus untuk barisan
aritmatika.
4. Guru
memberi permasalahan barisan aritmatika berupa soal, yang harus dikerjakan
oleh siswa.
5. Guru
meminta salah seorang siswa untuk maju ke depan, untuk mengerjan soal yang
diberikan oleh guru.
|
6
menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyampaikan kesimpulan mengenai
materi barisan aritmatika.
2.
Guru mengucapkan salam dan
meninggalkan kelas
|
2
menit
|
I.
Penilaian
a. Teknik
Penilaian : Pengamatan dan tes
No.
|
Aspek
|
Teknik
|
1.
|
Kreatif
|
Pengamatan
|
2.
|
Responsif
|
Pengamatan
|
3.
|
Pengetahuan
dan keterampilan matematika
|
Tes
uraian
|
b.
Bentuk Instrumen :
· Uraian (terlampir)
c.
Pedoman Penskoran : Terlampir
Mengetahui:
Kepala
Sekolah,
_______________________
NIP
.........................................
|
Palembang, November 2016
Guru
Mata Pelajaran,
_______________________
NIP
.........................................
|
Lampiran :
LEMBAR
KERJA SISWA
(4.6.1)
Tujuan : 1). Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan
aritmatika.
2). Siswa
mampu menghitung jumlah n suku pertama barisan aritmatika.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
tepat!
1.
Maka tentukan suku ke-8!
2. Diketahui
dan
, Maka tentukan suku ke-63!
3. Sebuah
komplek rumah X, membelikan nomor rumah dengan nomor kelipatan 3, yang dimulai
dari nomor 129. Pada rumah ke berapa kita akan menemui nomor 252, jika nomor
129 adalah nomor rumah ke-1!
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
No.
|
Nama
|
Kreatif
|
Responsif
|
||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penskoran :
·
SB =
4
·
B =
3
·
KB =
2
Total =
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator
|
Soal
|
Teknik
|
Bentuk
soal
|
Penskoran
|
||
-
Menentukan suku ke-n dari barisan
aritmatika.
-
Menyelesaikan pengaplikasian soal
barisan aritmatika.
-
Menyelesaikan permasalahan
aritmatika pada kehidupan sehari-hari.
|
1.
Maka tentukan suku ke-8!
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
30 skor
|
||
2. Diketahui
dan
, Maka tentukan suku ke-63!
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
30 skor
|
|||
3. Sebuah
komplek rumah X, membelikan nomor rumah dengan nomor kelipatan 3, yang
dimulai dari nomor 129. Pada rumah ke berapa kita akan menemui nomor 252,
jika nomor 129 adalah nomor rumah
ke-1!
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
40 skor
|
|||
|
Total Skor
|
|
|
100
|
||
|
Penilaian
|
|
=
x 4
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar